Kesgakepri's Blog

Seksi Kesehatan Keluarga Dinkesprov Kepulauan Riau

Angka Kematian Ibu (AKI)

Posted by kesgakepri pada 21 September 2010

Angka kematian ibu (AKI) atau Maternal Mortality Rate (MMR), tidak hanya merupakan indikator tingkat kesehatan wanita, tetapi juga dapat lebih jelas menggambarkan tingkat akses, integritas, dan efektivitas sektor kesehatan. Oleh karena itu, MMR juga sering digunakan sebagai indikator tingkat kesejahteraan dari suatu daerah/Negara.

Berbicara mengenai Angka Kematian Ibu (AKI) sudah semestinya kita mencontoh Negara-negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura dimana angka kematian dari Negara-negara tersebut dapat dikatakan sangat rendah, sedangkan angaka kematian dinegara kita masih jauh diatasnya.

Sehubungan dengan upaya pencapaian Indonesia sehat 2010 telah di targetkan penurunan AKI menjadi 125/100.000 kelahiran hidup. Adapun jumlah kematian ibu di Provinsi Kepulauan Riau pada tahun 2009 sebanyak 34 kasus atau secara kasar AKI di Provinsi Kepulauan Riau sebesar 84/100.000 kelahiran hidup. Berdasarkan laporan tahunan dari Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dan di perkuat oleh upaya validasi data dan review kematian dapat diketahui penyebab terbanyak dari kematian tersebut adalah perdarahan. Jika kita melihat data tahun 2008 dan tahun 2009, Kota Batam belum beranjak menempati posisi jumlah kematian ibu terbanyak, yaitu sebesar 10 kasus. Untuk dapat lebih jelasnya mengenai jumlah dan sebab kematian ibu dimasing-masing Kabupaten/Kota, dapat dilihat dari grafik di bawah ini :

Jumlah Kematian Ibu Berdasarkan Penyebab Di Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2009

Sumber : Validasi Data F1-F8  Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2009

Dari grafik diatas dapat dilihat bahwa jumlah kematian ibu terbanyak terdapat di Kota Batam yaitu sebanyak 10 kasus kematian ibu, dengan penyebab kematian paling banyak adalah Perdarahan. Banyak nya jumlah kematian di Kota Batam dikarenakan besarnya jumlah penduduk yang berada disana (lebih dari separuh penduduk Kepulauan Riau berdomisili di Kota Batam). Kematian ibu juga terjadi di Kabupaten lain yang juga disebabkan oleh perdarahan, hipertensi dalam kehamilan, dan lain-lain. Sementara di Kabupaten Kepulauan Anambas tidak terdapat kematian ibu.

Sedangkan untuk persentase penyebab kematian ibu terbesar dapat dilihat pada grafik 4.5 di bawah ini :

Grafik 4.5 Persentase Kematian Ibu Berdasarkan Penyebab Di Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2009

Sumber : Validasi Data F1-F8  Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2009

Dari grafik di atas dapat dilihat bahwa penyebab kematian ibu yang terbesar di Provinsi Kepulauan Riau pada tahun 2009 masih di dominasi oleh perdarahan sebesar 33%. Hipertensi dalam kehamilan, infeksi, dan lainnya juga merupakan penyebab kematian ibu. Berbeda dari tahun sebelumnya jumlah kematian ibu yang terbanyak disebabkan oleh hipertensi dalam kehamilan.

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: