Kesgakepri's Blog

Seksi Kesehatan Keluarga Dinkesprov Kepulauan Riau

Cakupan Pelayanan KIA

Posted by kesgakepri pada 5 Agustus 2009

Cakupan Pelayanan Antenatal (Kunjungan Antenatal K1 dan K4)

Kehamilan adalah suatu anugerah bagi setiap keluarga, tetapi kehamilan juga bisa menjadi beresiko dan berkembang menjadi komplikasi. Perawatan kehamilan merupakan langkah tepat, agar ibu dapat melewati masa kehamilannya dengan sehat juga masa persalinan dengan selamat.

Perawatan kehamilan tersebut dapat dilaksanakan melalui pelayanan antenatal. Pelayanan Antenatal merupakan pelayanan yang diberikan selama masa kehamilan,  dilakukan oleh tenaga kesehatan sesuai dengan standar yang ditetapkan. Indikator penting dalam pelayanan antenatal yaitu K1 dan K4.

Seorang ibu hamil dinyatakan telah mendapatkan pelayanan ANC lengkap jika telah mendapatkan pelayanan kesehatan berupa penimbangan, pengukuran tekanan darah, imunisasi TT, pengukuran tinggi fundus, pemberian tablet Fe, temu wicara dan tes PMS.

Ibu hamil perlu mendapatkan pemeriksaan kehamilan paling sedikit 4 kali selama kehamilan, idealnya 1 kali pemeriksaan pada triwulan pertama, 1 kali pemeriksaan pada triwulan kedua dan 2 kali pemeriksaan pada triwulan ketiga. Hal ini ditentukan guna menjamin mutu pelayanan, khususnya dalam memberi kesempatan yang cukup dalam menangani kasus risiko tinggi yang ditemukan.

K1 merupakan indikator untuk mengetahui jangkauan pelayanan ANC serta kemampuan program dalam menggerakkan masyarakat. Sedangkan K4 adalah merupakan indikator yang menggambarkan tingkat perlindungan ibu hamil disuatu wilayah, disamping menggambarkan kemampuan manajemen/kelangsungan program KIA. Tahun 2008 cakupan Kunjungan Antenatal (K1) untuk provinsi Kepulauan sebesar 88,46%, sedangkan cakupan Kunjungan Antenatal (K4) sebesar 80,06%. Cakupan untuk Kabupaten/Kota dapat dilihat pada gambar berikut:

Dari gambar……diatas dapat kita ketahui persentase pencapaian kunjungan pertama (K1) yang tertinggi adalah Kabupaten Karimun yaitu sebesar 95,22%. Terlihat upaya yang gigih telah dilakukan oleh pelaksana pelayanan di Kabupaten ini sehingga dapat meningkatkan cakupannya, dimana pada tahun sebelumnya Kabupaten Karimun merupakan kabupaten dengan capaian cakupan K1 terkecil. Persentase pencapaian K1 terkecil adalah Kota Batam yaitu sebesar 85,66%, hal. Sedangkan  persentase pencapaian K4 yang tertinggi adalah Kabupaten Bintan yaitu sebesar 87,99% dan sama halnya dengan K1 persentase capaian K4 yang terkecil juga Kota Batam. Hal ini terjadi dikarenakan tidak diperolehnya data kunjungan K1 dan K4 yang berasal dari rumah sakit, keadaan yang sedemikian akan mempengaruhi pencapaian kota Batam. Data yang tersedia di Kota Batam merupakan data yang berasal dari Puskesmas se-kota Batam.

Salah satu pelayanan yang diberikan dalam pemeriksaan kehamilan adalah imunisasi TT. Imunisasi ini berguna dalam pencegahan terhadap infeksi tetanus. Dahulu kita mengenal istilah TT1 dan TT2, namun saat ini kita mengenal imunisasi TT5.cakupan TT

Selain pemberian imunisasi TT pelayanan lain yang diberikan pada saat pemeriksaan kehamilan adalah pemberian tablet besi, yang dalam program KIA dikenal dengan istilah Fe1 dan Fe3. Tujuan pemberian tablet besi adalah untuk mencegah terjadinya anemi pada ibu hamil.

Cakupan pemberian tablet besi (Fe1 dan Fe3) di Provinsi Kepulauan Riau tahun 2008 dapat dilihat pada gambar berikut:

cakupan pemberian Fe

Grafik…….tersebut menunjukkan cakupan pemberian Fe yang tertinggi adalah di Kabupaten Karimun  untuk cakupan  Fe1 (98,48%) dan untuk Fe3 adalah kabupaten Bintan sebesar (87,99%) sedangkan cakupan provinsi adalah Fe1 (87,47%) dan Fe3 (76,54%).

Dari sejumlah kunjungan pemeriksaan kehamilan (K4), terdapat pemeriksaan yang dilakukan di puskesmas di kabupaten/ Kota  menggunakan fasilitas JAMKESMAS. Grafik berikut menunjukkan jumlah kunjungan pemeriksaan dengan fasilitas tersebut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: