Kesgakepri's Blog

Seksi Kesehatan Keluarga Dinkesprov Kepulauan Riau

DETEKSI IBU HAMIL RESIKO TINGGI

Posted by kesgakepri pada 6 Agustus 2009

Kehamilan merupakan proses reproduksi Namun beberapa ahli menyatakan bahwa sebanyak 20% dari keseluruhan kehamilan yang terjadi potensial mengalami komplikasi atau kelainan, yang dinamakan hamil dengan resiko tinggi. Untuk itu perlu dilakukan deteksi dini terhadap kehamilan baik oleh tenaga kesehatan maupun  masyarakat guna peningkatan kualitas hidup bagi si ibu hamil tersebut. Upaya ini harus dilakukan sedini mungkin, karena semakin cepat ibu  beresiko tinggi terdeteksi, semakin cepat pula mendapatkan penanganan. Dengan penanganan yang adekuat diharapkan kehamilan dapat kembali berjalan dengan normal. Kehamilan dengan resiko tinggi juga akan berpengaruh pada proses persalinan, dengan adanya deteksi resiko tinggi ini persalinan yang aman dapat dipersiapkan, sehingga ibu dan kehamilannya dapat diselamatkan.

Pada tahun 2008 telah dideteksi ibu hamil faktor resiko tinggi sebanyak 4.240 orang (50,39%) oleh tenaga kesehatan dan sebanyak 1.107 orang (13,16%) oleh masyarakat.

deteksi BUMIL oleh NAKES

Dalam program KIA dikenal 2 (dua) jenis tenaga yang memberikan pertolongan persalinan yaitu persalinan dengan tenaga kesehatan dan non tenaga kesehatan.Cakupan pertolongan persalinan oleh tenaga kesehatan di Provinsi Kepulauan Riau pada tahun 2008 sebesar 99,14%, cakupan persalinan tenaga kesehatan ini berada diatas target yang ditetapkan yaitu sebesar 85%.

bumil resti 2

Dari gambar…………… diketahui persentase pencapaian persalinan oleh tenaga kesehatan telah mencapai target (85%) yaitu sebesar 99,14%. Persentase cakupan tertinggi adalah kota Batam yaitu sebesar(110,74%). Tingginya capaian persalinan oleh tenaga kesehatan di kita ini dikarenakan semua data persalinan berhasil dikumpulkan baik dari sejumlah puskesmas yang ada maupun dari rumah sakit, akan lain halnya jika rumah sakit tidak melaporkan jumlah persalinan, capaian kota Batam akan sama besarnya dengan capaian Kabupaten/Kota lainnya di Kepulauan Riau ini. Data yang dilaporkan oleh rumah sakit sangat mempengaruhi besarnya capaian. Sedangkan Kabupaten dengan  persalinan oleh tenaga kesehatn terendah adalah Kabupaten Natuna yaitu sebesar 75,58%.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: