Kesgakepri's Blog

Seksi Kesehatan Keluarga Dinkesprov Kepulauan Riau

HASIL REVIEW KEMATIAN IBU

Posted by kesgakepri pada 6 Agustus 2009

Salah satu upaya yang dilakukan guna menggali informasi lebih dalam mengenai kematian ibu adalah melakukan review kematian. Review tersebut merupakan penelusuran terhadap data-data ataupun informasi yang terkait dengan proses awal hingga seorang ibu dinyatakan meninggal yang dikemas secara ringkas. Informasi yang dapat diketahui dari format review seperti identitas ibu, tempat tinggal, waktu meninggal (hamil, bersalin, nifas), riwayat kehamilan, penolong persalinan, tempat meninggal, penyebab kematian. Dari 37 kasus kematian ibu yang terjadi di Provinsi Kepulauan Riau selama tahun 2008, sebanyak 23 kasus yang berhasil dilakukan review kematiannya, 14 kasus kematian yang terjadi di Kota Batam karena beberapa alasan tidak bisa ditelusuri.

Jumlah kematian berdasarkan empat terlalu

Beberapa komplikasi kehamilan, persalinan, dan nifas merupakan penyebab langsung kematian ibu. Selain itu ada beberapa faktor medik yang melatarbelakangi kematian ibu yang dikenal dengan faktor resiko, antara lain, yaitu:

  • Usia ibu pada waktu hamil terlalu muda (kurang dari 20 tahun)
  • Usia ibu waktu hamil terlalu tua (lebih dari 35 tahun)
  • Terlalu sering (jarak kelahiran kurang dari 2 tahun)
  • Terlalu banyak (jumlah anak lebih dari 3)kematian Ibu REVIEW

Dari 23 kasus yang direview, jika dilihat dari keadaan saat meninggal dapat dikelompokkan menjadi 3, yaitu hamil, bersalin dan nifas. Tahun 2008 sebanyak 6 (26%) kasus meninggal saat hamil, 9 (39%) kasus  saat bersalin dan 8 (35%) kasus saat nifas.

Berdasarkan usia, kematian ibu dikelompokkan menjadi 3 yaitu, kurang dari 20 tahun, 20 sampai 35 tahun dan lebih dari 35 tahun. Grafik diatas menunjukkan terdapat 2 kasus kematian yang terjadi pada usia kurang dari 20 tahun, 11 kasus pada usia antara 20 hingga 35 tahun dan sebanyak 10 kasus terjadi pada usia lebih dari 35 tahun.

Kematian ibu dapat terjadi oleh karena berbagai penyebab, dari grafik di atas diketahui 6 (26%) kasus kematian terjadi karena perdarahan, 1(4%) kasus karena infeksi, 10 (44%) karena preeklamsi/eklamsi dan 6 (26%) kasus karena sebab lain.

Berdasarkan gravida (banyaknya kehamilan) kematian ibu dikelompokkan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: